Kamis, 19 Januari 2012

Contoh Kisi-kisi Tes Skala Sikap (Penelitian untuk Skripsi)

KISI-KISI TES SKALA SIKAP

Sekolah
:
SMA / SMK
Kelas/Semester
:
X/2
Materi/Bahan Ajar
:
Dimensi Tiga

Aspek yang diteliti
Deskripsi
Indikator
Aspek
Pernyataan
+
-
Sikap siswa terhadap pembelajaran matemamatika
Minat
Menunjukan minat terhadap pembelajaran matematika
Ö

Ö
1. Pembelajaran matematika membuat saya semangat belajar
2. Pembelajaran matematika membosankan.
Manfaat
Menunjukan persetujuan terhadap pembelajaran matematika
Ö

Ö


Ö

Ö


Ö


Ö
3. Saya menemukan manfaat dari setiap pembelajaran matematika yang dilakukan
4. Saya merasa pembelajaran matematika yang dilakukan kurang ada gunanya.
5. Saya merasa pelajaran matematika yang telah dipelajari menunjang/ membantu dalam mata pelajaran yang lain.
6. Saya merasa pelajaran matematika kurang berhubungannya dengan mata pelajaran lain.
7. Saya senang jika teman saya meminta menjelaskan proses yang harus dilakukan dalam menyelesaikan suatu soal.
8. Saya selalu menghindar dari soal-soal yang sulit dalam pelajaran matematika.
Sikap siswa terhadap pembelajaran yang baru saja berlangsung
Minat
Menunjukan minat terhadap pembelajaran yang baru saja berlangsung
Ö


Ö
9. Saya senang dengan suasana pembelajaran dengan pembelajaran yang baru saja berlangsung.
10. Pembelajaran dengan model pembelajaran yang baru saja berlangsung kurang memberi motivasi yang berarti untuk saya.
Manfaat
Menunjukan persetujuan terhadap pembelajaran yang baru saja berlangsung
Ö



Ö



Ö




Ö




Ö


Ö



Ö




Ö



Ö




Ö
11. Penggambaran ruang dimensi tiga yang diciptakan dalam pembelajaran yang baru saja berlangsung mempermudah saya memahaminya.
12. Pembelajaran dengan pembelajaran yang baru saja berlangsung, kurang menambah pengetahuan saya.
13. Langkah-langkah pembelajaran yang baru saja berlangsung, memudahkan saya dalam memahami materi ajar Dimensi Tiga.
14. Pembelajaran yang baru saja berlangsung kurang mengkaji lebih detail tentang materi ajar Dimensi Tiga.
15. Pembelajaran yang baru saja berlangsung membuat saya berani dalam mengemukakan pendapat.
16. Saya merasa sebal saat guru menyuruh saya ke depan kelas untuk mengerjakan soal.
17. Pembelajaran yang baru saja berlangsung, memudahkan saya dalam menyelesaikan soal-soal dengan beberapa cara yang berbeda.
18. Pembelajaran yang baru saja berlangsung, meyulitkan saya dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan.
19. Pembelajaran yang baru saja berlangsung, memudahkan saya dalam membuat kesimpulan dari materi yang telah dijelaskan.
20. Pengulangan materi yang disampaikan oleh guru membuat saya pusing.
Sikap siswa terhadap soal-soal pemahaman konsep.
Minat
Menunjukan minat terhadap soal-soal pemahaman konsep.
Ö

Ö
21. Saya senang dengan soal-soal yang disajikan.
22. Saya sebal dengan bentu-bentuk soal yang disajikan.
Manfaat
Menunjukan persetujuan terhadap soal-soal pemahaman konsep.
Ö


Ö
23. Soal-soal yang disajikan membentuk pemahaman saya terhadap materi Dimensi Tiga.
24. Soal-soal yang disajikan membuat saya bingung.


2 komentar:

  1. Mau tanya..kalo dari kolom aspek ke
    terangan nya apa ya..

    BalasHapus
  2. sangat bermanfaat zah
    salam sehat berprestasi

    BalasHapus